Melanjutkan dari
atrikel sebelumnya tentang apa itu DOHC, kali ini saya akan mencoba menerangkan
sedikit, apa itu SOHC ?
Ya!!! SOHC
(Singgle Over Head Camshaft) adalah sebuah bentuk kontruksi bangunan
kepala silinder yang berfungsi untuk bekerja sama dalam sebuah upaya untuk meledakan bahan bakar di ruang bakar! (vicky
mode on)
SOHC pada
dasarnya hanya memiliki 1 noken as untuk mendorong rocker arm dan dilanjutkan
menuju buka/tutup klep.
Kontruksi kepala
silinder sohc memang lebih berbelit dibanding dengan DOHC, oleh karena nya
tenaga yg di hasilkan pun tergolong kurang maksimal di putaran atas, namun memiliki
putaran bawah yang enak untuk perkotaan.
Mengapa demikian?
Karena terdapat
rocker arm yg berfungsi sebagai pengungkit dari kerja nya noken as, sehingga
rpm bawah dapat cepat naik ke rpm tengah.
Bagai mana dengan
rpm atasnya?
Rpm atas akan
lebih berbahaya karena kemungkinan pemuaian dari kontruksi ini lebih besar, dan pabrikan
menyetel tipe SOHC dengan peak power di rpm bawah, dengan tujuan motor akan
lebih awet.
Tenaga pada rpm
atas pun akan melemah, karena kerja dari
noken as untuk membuka klep melalui perantara rocker arm jadi ibarat SOHC gear
besar, DOHC gear kecil.
Tetapi ada juga sebagian
motor SOHC yang bisa teriak tinggi
Karena
digunakanya rocker arm yg lebih detail sehingga peak power dapat dibuat di rpm
tinggi dan kemungkinan terjadinya tabrakan klep dengan piston dapat di
minimalkan.
Wahh hebatt.
Perusahaan ,kini
berlomba lomba menciptakan mesin yg efisien namun tidak mengorbankan tenaga.
Kelebihan SOHC :
- Tenaga melimpah dari rpm bawah-menengah sehingga cocok untuk kebutuhan sehari hari
- Biaya penggantian spare part lebih murah
- Lebih hemat bahan bakar dibanding DOHC
Kekurangan SOHC :
- ·Tenaga di rpm atas kurang, bahkan menurun
Berikut contoh
motor yg menggunakan tipe SOHC
Demikian ulasan
singkat tentang SOHC, mudah mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda,
lihat juga artikel menarik lainya di AUTONODIE.