Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak dengan Mudah

Semua tentang otomotif

Minggu, 27 Desember 2015

Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak dengan Mudah


Cara memperbaiki starter rusak

Motor sobat tidak bisa di starter? jangan panik dulu , sebelum memperbaiki starter motor rusak sobat harus mengetahui penyebabnya misalnya pada saat tombol starter di tekan suaranya kasar atau bahkan tanpa suara saat tombol starter di tekan, tapi motor starter tidak ada suara sama sekali. Hal ini biasanya disebabkan oleh aki / accu motor yang lemah. Oleh karena itu sobat harus memeriksa komponen-komponen berikut ini:

Aki(baterai)

aki berfungsi sebagai sumber listrik, Pada starter motor juga mengambil listrik dari aki, jika padsa saat sobat menekan tombol starter dan dynamo starter atau motor starter diam saja tanpa suara tanpa berputar, maka yang harus dicek lebih dahulu adalah aki atau baterai. Untuk memeriksanya menggunakan multimeter atau avometer, tegangan yang baik adalah tidak kurang dari 12v , jika kurang maka aki tersebut rusak


  Bendik (Relay Starter)

Bendik berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk menghubungkan dan memutus aliran listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Untuk mengeceknya sobat bisa menggunakan kabel(ada socketnya) sambungkan ke baterai + dan -, jika mengeluarkan suara seperti “Cetak” berarti komponen ini masih bagus. Jika tidak ada suara apapun kemungkinan bendik sudah mati. Dan untuk memperbaikinya sangat mudah yaitu cukup membeli yang baru.


Dinamo

Kerusakan pada komponen ini jarang terjadi, untuk memeriksanya menggunakan multimeter dengan cara ujung kabel “+” di hubungkan ke motor starter dan ujung Kabel “-” dihubungkan dengan massa. Selanjutnya tekan tombol starter, jika ada arus listrik maka komponen tersebut sudah rusak atau mati.

Kerusakan yang terjadi pada motor starter terbagi menjadi 2 bagian yaitu Sikat (brush) dan Kumparan. Jika Brush aus maka sobat  bisa menggantinya dengan yang baru, akan tetapi bila kumparannya yang rusak, jalan satu satunya adalah membawanya pada tukang servis dynamo yang sudah ahli tentunya.

Sekian dari saya Semoga bermanfaat!
 
Share :
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top
//SEO SCRIPT By - Techbymak.com